ANDA MEMASUKI WILAYAH ZONA INTEGRITAS BALAI BESAR KERAMIK MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI                                     LSPro BBK Melayani Jasa Layanan Sertifikasi Industri Hijau

Teknologi

Pembuatan keramik dengan metode 3D printing

Input By: Sukiyo | Posted on: 2016-04-11 15:51:14

Banyak barang-barang disekitar kita yang tidak kita sadari sebetulnya terbuat dari keramik. Barang-barang seperti batu bata, pipa, atap, ubin dan tableware dibuat dari bahan keramik, bukan hanya sekedar gerabah dari tanah liat sajah yang umumnya kita ketahui. Definisi pengertian keramik terbaru mencakup semua bahan bukan logam dan anorganik yang berbentuk padat. (Yusuf, 1998:2). Keramik mempuyai pengaruh besar pada bidang seni.

 

Pada konfrensi ke 50 Council on Education for the Ceramic Arts (NCECA)  di Kota Kansas pada tanggal 16-19 Maret 2016 dengan tema “Makers, Mentors, and Milestones” pada konferensi itu dibahas pula arah baru dari pembentukan keramik seni dengan menggunakan 3D printer.

 

Saat ini, seni keramik menitik beratkan pada teknik kerajinan tangan, dengan adanya teknik baru ini yaitu dengan menggunakan 3D printer, orang-orang cukup terbuka dan tertarik untuk belajar lebih banyak tentang teknologi baru pembuatan keramik. Teknik cetak keramik yang dipamerkan termasuk adalah pembuatan cetakan, ekstrusi clay, dan pencetakan porselen dengan metode “Shapeaways” yang unik. Semua teknik ini dipamerkan di pameran  untuk pertama kalinya di Clay Fab Lab yang merupakan ujung tombak Universitas West Virginia University’s Shoji Satake.  Pada pameran ini dipamerkan beberapa proses cetak keramik yang digunakan oleh lima universitas di Amerika.

Foto mesin 3D printer keramik sedang mencetak keramik (sumber:3dprint.com)

Di blog Shapeways menjelaskan arti dari hadirnya 3D printing  pada keramik yang dipamerkan di NCECA untuk pertama kalinya : “ Kehadiran metode fabrikasi digital di NCECA mencerminkan betapa cepat pergeseran keseluruhan paradigma pada semua komunitas yang berkecimpung dengan bidang pembuatan keramik . Meskipun teknologi tidak dapat menggantikan tradisi pembuatan keramik dengan teknik kerajinan tangan, alat baru seperti 3D printer ceramic ini memungkinkan kita untuk mengeskplorasi bentuk-bentuk yang unik dan menghidupkan ide pada media yang menakjubkan.”

Foto pot keramik hasil ekstrusi lempung dengan tambahan detail menggunakan bantuan tangan dari tampak atas oleh Bryan Czibesz (sumber : Shapeways)

 

Shapeways mengumumkan bahan porselen untuk 3D printer pada tahun 2014 lalu dan dirilis penuh pada September 2015. Ide untuk menggabungkan keterampilan tangan dengan teknik pencetakan mesin sangat bagus, kedepannya kita tunggu hasil-hasil karya dari metoda cetak keramik yang baru ini yang tentunya akan sangat mengagumkan..

Foto Bryan Czibezdan Richard Burkett dengan keramik hasil certak 3D printer (sumber:Shapeways)

Sumber : https://3dprint.com/126340/3d-printed-ceramics-shapeways/